Saturday 12 December 2015

Drama Lap Terakhir Tikungan GT Assen

GT Assen atau Geert Timer Assen adalah tikungan paling terkenal di Sirkuit Assen. Tikungan ini merupakan chicane terletak sebelum garis finish di Sirkuit Assen sehingga merupakan tikungan terakhir.
Tikungan ini juga merupakan zona yang biasanya digunakan untuk meng-overtake lawan. Maka apabila ada duel hingga di lap terakhir maka tikungan ini akan menjadi penentunya.


1984: Randy Mamola v Raymond Roche
Randy Mamola #3 berusaha merebut kembali posisinya dari Roche #11

Putaran terakhir tiba dan Mamola masih memimpin balap menuju garis finis sementara Roche terus mendekat. Tiba di tikungan terakhir GT Aseen Roche memilih mengambil jalur lebih ke tengah untuk menyusul Mamola. Memasuki tikungan mereka mengerem dengan keras bahkan bagian belakang motor Mamola sempat terangkat. Roche berhasil melewati Mamola di bagian pertama tikungan namun itu membuatnya lebih melebar di bagian kedua tikungan kehilangan kesempatan untuk membuka akselerasi dengan lebih cepat. Akibatnya, Mamola mampu melihat celah yang ada untuk menggeber akselerasi motornya dan berhasil menyamai posisi Roche begitu melewati bagian kedua tikungan GT Assen. Begitu ada di bagian ketiga tikungan GT Assen Mamola yang sudah melaju lebih cepat berhasil memaksa Roche untuk mengalah melebar ke sisi kiri lintasan karena jarak keduanya sangat berdekatan dan nyaris senggolan. Akhirnya Mamola berhasil mempertahankan posisinya dan menjadi juara.




1991: Kevin Schwant v Wayney Rainey
Wayney Rainey menyasar ke daerah rerumputan
di tikungan terakhir
Memasuki putaran terakhir Rainey masih memimpin dengan jarak yang cukup aman dari pembalap di belakangnya. Namun Rainey membuat blunder dengan melebar di tikungan terakhir hingga keluar lintasan sehingga harus memotong lintasan di bagian rerumputan dimana hal tersebut membuatnya kehilangan kecepatan. Schwant yang tak kenal menyerah pun akhirnya bisa mendahului Rainey di depan garis finis guna memenangi balapan. Mungkin ini salah satu yang paling mengejutkan.



2002: Carlos Checa v Tohru Ukawa *battle for 3rd
Upaya overtaking yang gagal dari Ukawa
membuat kedua pembalap melebar
Duel sengit demi menempati satu tempat terakhir untuk naik podium terjadi ketika balapan menyisakan kurang dari satu putaran. Pembalap Honda Tohru Ukawa berhasil memepet Carlos Checa di lap terakhir dan mencoba melakukan manuver untuk menyusul di tikungan terakhir melalui sisi dalam. Namun sayangnya manuver menyusul yang tidak dilakukan secara tuntas membuat keduanya bersinggungan sehingga hasur melebar hingga keluar lintasan. Checa yang meluncur melewati gravel berhasil bertahan di atas motornya hingga garis finis, sementara Ukawa yag meluncur melewati area rerumputan yang tampak basah harus tergelencir karena berusaha menikung namun pada akhirnya masih bisa menyentuh garis finis untuk posisi kelima.


2006: Nicky Hayden v Colin Edwards
Colin Edwars tejatuh di tikungan terakhir

Nicky Hayden yang tak rela kehilangan posisinya di lap terakhir berusaha keras untuk dapat merebut kembali posisi terdepan dari Colin Edwards di tikungan terakhir. Hebatnya ia berusaha menyusul Edward melalui sisi luar. Namun, ternyata rencananya tak berjalan mulus dan malah membuatnya harus melebar ke gravel. Sementara Edwards yang mungkin saja melihat Hayden melewati tikungan terakhir dengan memotong lintasan melalui gravel terpancing untuk ikut-ikutan cepat menikung ke kiri yang membuatnya masuk ke area rerumputan yang membuat motornya goyang dan membuatnya terpental dari motornya. Akhirnya Hayden berhasil melewati garis finis pertama. Sementara bagi Edwards kejadian tersebut sangat disayangkan karena itu bisa menjadi satu-satunya kesempatannya untuk memenangi balapan sepanjang karirnya di motogp.



2015: Valentino Rossi v Marc Marquez
Valentino Rossi melebar dan memotong jalur
setelah bersenggolan dengan Marc Marquez.

Kemenangan Valentin Rossi pada balapan di race Assen 2015 diwarnai kontroversi. Hal ini berawal pertarungan sengit hingga saat-saat terakhir dimana Marquez berupaya untuk menyusul Rossi di tikungan terakhir sementara Rossi ngotot mempertahankan posisinya dengan mengerem habis-habisan. Marquez yang belum sempat sepenuhnya menyusul Rossi membuat keduanya saling terlibat kontak sehingga mau tidak mau Rossi harus melebar hingga keluar lintasan. Demi mengantisipasi jebakan gravel yang dapat membuat motor tidak seimbang dan jatuh, Rossi membuka gas sehingga nampak menambah kecepatan tepat sebelum memasuki gravel. Sehingga Rossi malah mampu membuka jarak dengan Marquez walau harus melewati area gravel.
Reaksi yang cepat dan tepat dari Rossi akhirnya mampu membawanya meraih hasil gemilang.

Video 5 Aksi Dramatis di Tikungan GT Assen (terakhir) pada Lap Terakhir Kelas Motogp :

No comments:

Post a Comment

Dukung - Indonesia Menuju Formula One

Ayo bersama kita dukung wakil Indonesia menuju Formula One...
di kitabisa.com
Buktikan dukunganmu.